City Butuh 10 Tahun Untuk Samai Madrid

City Butuh 10 Tahun Untuk Samai Madrid

Manchester City memang tim kaya raya, mereka mendatangkan banyak pemain bintang dalam beberapa tahun terakhir ini dengan kekuatan finansial mereka yang membahana. Meski demikian, untuk bisa mencapai level tim sebesar Barcelona, Citizen dinilai membutuhkan waktu paling tidak 10 tahun lamanya.

Sebagaimana diketahui, sejak klub diambil alih oleh Taipan asal Uni Emirat Arab, Khaldoon Al Mubarak, Manchester City memang langsung menjelma menjadi salah satu tim yang dipenuhi para pemain bintang. Lewat kekuatan finansial merka yang melimpah, City mendatangkan pemain-pemain papan atas sekelas Aguero, Silva, Kevin de Bruyne dan beberapa nama lain.

Lewat cara tersebut, mereka memang berhasil memenangkan dua titel Liga Primer Inggris sejauh ini, namun masih belum bisa berbicara banyak di ajang Liga Champions Eropa. Pencapaian terbaik adalah babak semifinal, sedangkan musim lalu dibawah arahan Pep Guardiola, mereka hanya bisa mencapai babak 16 besar usai disingkirkan AS Monaco.

Meski demikian, usaha mereka tidak berhenti sampai di situ, pada kesempatan bursa transfer musim panas tahun ini, Citizen telah merogoh kocek sebesar 80 Juta Euro untuk mendaratkan Winger muda Portugal, Bernardo Silva dari AS Monaco. Di samping itu, masih banyak pemain kelas dunia yang dikaitkan dengan raksasa Premier league.

Namun, menurut pelatih mereka, Pep Guardiola, sekeras atau sebesar apapun biaya yang telah dikeluarkan Klub untuk mendaratkan para pemain bintang, mereka masih butuh waktu, paling tidak selama 10 tahun ke depan untuk bisa menjadi tim seperti Barcelona.

“Tujuh tahun sebagai pelatih kepala profesional dan enam gelar juara liga, dan dengan rasa hormat kepada mereka yang kalah, terdapat banyak hal yang bisa didiskusikan. Selalu berada di semi-final Liga Champions. Tahun ini, kami tidak berada di sana, bahkan klub seperti Barca juga tidak melaju ke semi-final setiap tahun,”

“City adalah tim besar, mereka telah berada di Liga Champions lima tahun secara beruntun, satu-satunya tim di Inggris yang melakukannya, tapi untuk mencapai level Barca, Real Madrid, Bayern, Juventus, sangat sulit. Anda butuh waktu, satu dekade.” ujar Guardiola kepada L’Esportiu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *